Categories

Artisku (1) catatanku (8) cerpen (1) puisi (6) tentang saya (1) tips (2)

Sabtu, 10 Desember 2011

Orang pelit, makhluk apakah itu?



(MSN Onion Emoticon)Alhamdulilah yah, akhirnya ada juga waktu buat nulis, haha. itu karena si "Bos" ngasih keringanan buat Kribo untuk kerja cuma 6 jam perhari, Jadi dari detik sekarang Kribo punya waktu beberapa jam dalam sehari buat nulis, buat ngurus blog ini, yang sebelumnya enggak terurus, yah maklum lah artis jadi selalu sibuk gimana getoh. ( Onion Emoticon Setartis ape sih lu bo? artis majalah serangga?). 



Nah sekarang Kribo mau ngebahas tentang pelit, kikir, medit, amit-amit, dedemit, mimit, itit, ( stop! stop! stop!Onion Emoticon Set). "Pelit itu adalah suatu sifat seseorang, yang dimana dia tidak suka memberi sedekah". yah pokoknya secara garis besar seperti itulah pengertiannya. jadi orang pelit itu bukan cuma orang yang jarang keluar duit, karena sedekah bukan hanya sekedar kita ngasih makan anak yatim, atau mentraktir temen sewaktu kita nerima gaji pertama, sedekah itu banyak macamnya lo, senyum itu sedekah, ngajarin temen tentang suatu hal yang baik, itu juga sedekah, termaksud ngebilang kalo aku itu cakep dan kembaran Mario Maurer itu juga sedekah, ( #eaaaa Onion Iconshahaha). 


Kamu semua pasti suka ngenes kan kalo ada temen kamu yang pelit, apa coba enaknya temenan sama orang pelit. Kalo Kribo mah lebih bagus temenan ama yang gantung-gantung dipohon, ( apaan itu bo Onion Icons).
 Tapi kalian sendiri pelit enggak? sadar enggak? atau juga Kribo sendiri gak sadar bahwasannya Kribo juga pelit?. ( hmmm gimana ya bo?  Onion Emoticon). nah sekarang ayo ikut Kribo, (kemana bo?Onion Icons), ke Hongkong beli sandal jepit.

Macam-macam orang pelit : 

1. Orang yang pelit sama diri sendiri.
 Nah tipe orang yang kaya begini nih biasanya yang nyiksa diri sendiri, uangnya banyak tapi untuk beli deodoran mikir sampe 4 kali, padahal ketiaknya udah bau kaos kaki disemur bareng jengkol, suka nahan-nahan haus lebih baik baginya untuk minta minuman temen daripada harus keluar uang Rp. 3000-, perak, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya.

2. Orang yang pelit sama keluarganya
Kalo ini mungkin titisannya Dajjal, jangan salah ada lo, ada orang yg sama orang lain baiknya minta ampun tapi begitu emaknya minta ditraktirin beli bakso diwarung wuihh duitnye abis katanye, Nah ini orang biasanya tipe-tipe orang yang suka cari muka, mungkin biar dia terkanal akan baiknya alias pengen dipuji. 

3. Orang yang pelit sama temennya
Ini mungkin tipe orang yang gak mau rugi, maunya untung terus, alias cuma bisa diajak seneng doang, ketika susah dia enggak mau tau, mungkin dia berfikiran seperti ini, contoh : " ah ngapain sih gua ngebantuin si Kribo, itu kan salahnya sendiri, lagian dia bukan siapa-siapa gue, gue juga enggak pernah minta makan sama dia, ogah ahh biarin aja, alasan aja deh gue, pura-pura sibuk". woi semua manusia itu hidup bersosialisasi, situ bukan cuma  hidup sama diri sendiri, atau segenap keluarga elo, jadi please pake hati nurani, roda itu berputar, suatu saat lo juga butuh yang namanya bantuan seorang temen ( pengalaman pribadi ya Bo, ahahhhaah  Onion Icons) .

4. Orang yang pelit sama ilmu
si A : eh, bahasa inggrisnya ngemut-ngemut apa sih?
si B : liat aja di kamus, jangan males. 
anak kecil juga tau harus nyari artinya di kamus kagak di genteng rumah, ya aloooo nih orang pelitnya super dah. ihh ini mah tipe orang sok pinter, karena kalo dia emang bener-bener pinter dia pasti tau kalo ilmu itu harus diamalkan, bukannya pendem-pendem sendirian, ya tapi bagi yg si penanya juga liat-liat sikon ya. Terkadang ada juga suatu alasan kenapa seseorang itu kalo ditanya dia menyarankan untuk kita nyari sendiri, bukan bearti dia pelit mungkin aja dia lagi sibuk, atau kurang paham, dan sebagainya

5. Orang yang pelit senyuman 
ummm ni biasanya mukanya kaya Omaswati, cemberut bawaannya, orang yang ngelihatpun jadi sepet, " Bo, jangan gitu dong Bo, emang bawaan gue begini, gue gak biasa senyum-senyum sama orang, yang penting kan hati gue baek" ya ampun, senyum doang masa enggak bisa dibiasain sih, yang homo aja bisa jadi normal, masa situ pesimis gitu, senyum itu ibadah, dengan senyum kamu bisa jadi awet muda, cakep, org yang ngelihatpun jadi adem, asal jangan keseringan yah, ntar jadi boneng. (Onion Icon hahhaha).

6. Orang yang pelit sama pacar
Hahahahahaha. ini pasti juga banyak orangnya, mungkin bagi mereka cinta ya cinta kalo soal duit yah lain sendiri dong. gak ada salahnya kok kamu gantian traktir-traktiran sama pacar kamu, itu juga bisa jadi pelajaran buat kamu dalam menjalin hubungan dalam senang maupun susah, istilanya berbagi rasa, disaat sang cowok enggak punya duit, si cewek ntraktirin cowoknya dan begitu juga sebaliknya. 

 Mungkin macam-macam orang pelit secara garis besar seperti itu lah, entar kalo Kribo jelasin satu-persatu kagak kelar-kelar sampe malem tahun baru, mau tau enggak, apa akibat dari orang yang punya sifat pelit? 

Akibat dari sang empunya sifat pelit:

1. Temennya dikit
Ya iya lah, siapa juga yang mau temenan sama orang pelit

2. Rezekinya sempit
Nih untuk yang rezekinya seret, udah sedekah belom? tau rumus kekayaan enggak, kalo enggak salah ya katanya Mario Teguh " Berikan 2 kali sebelum kamu menerima satu kali". noh itu rumus mungkin yah mengajarkan, kalo kamu pengen kaya ya banyak-banyaklah sedekah. Tuhan itu akan memberi lebih banyak kepada yang mau memberi. 

3. Mengikis rasa kemanusiaan secara perlahan
Kalo kita pelit otomatis rasa kepedulian kita terhadap sesama manusia maupun diri sendiri itu kurang, padahal untuk menjadi manusia yang sebaiknya manusia adalah yang bisa berguna untuk orang lain.

4. Dikelilingi dengan orang yang sama pelitnya
Karma itu ada, kalo kamu pelit , otomatis orang juga akan pelit ke kamu. jadi ga ada gunanya kan. 


Alasan mengapa seseorang mempunyai sifat pelit:

1. Lingkungan Keluarga
Mungkin sewaktu kita kecil banyak Orangtua yang salah ngajarin kita, yang tadinya niat untuk, ngajarin kita untuk hemat malah yang ada kita menjadi pelit. 

2. Takut apa yang telah dipunyai menjadi berkurang.
Ini mah rasa ketidak percayaan terhadap Tuhan ya. 

3. Rasa solidaritas yang rendah
Nah ini orang di SD nya gak ada pelajaran PPkn kali ya. hahhaaha.


Yah begitulah teman-teman ada solusi untuk yang satu ini, sepertinya kita harus lebih melihat, mendengarkan, dan merasakan bagaimana orang yang kesusahan sangat membutuhkan pertolongan kita, Kribo rasa kita harus lebih membuka hati, agar kita dapat merasakan bagaimana mereka yang kesusahan agar tidak pelit dalam memberikan pertolongan dalam hal apapun( MSN Onion Emoticons). tidak pelit juga bukan bearti kita harus boros ya.

Uhhh cape juga, ngetik-ngetik dari dari, kebeneran banget nih malam minggu, udahan dulu ah.. haha. nah gimana tulisan Kribo yang ini, Kribo harap bisa bermanfaat yuaaa. oh iya tulisan Kribo ini tulisan manusia biasa, bukan firman Tuhan jadi kalo ada kata-kata yang salah ya diberitahu toh yang salah dimana, dan dimaafkan juga ya. met malam minggu semuanya (Onion Emoticons



FOTO : GOOGLE SEARCH











14 komentar:

  1. Kemarin kayaknya aku udah pernah bilang kan kalo kamu mirip Mario. Berarti aku udah gak termasuk dalam golongan orang-orang yang pelit membuat orang senang, kan? :D

    Well, aku bilang gini aku gak gratis lho.... harus ada imbalannya.
    Mau ngasih aku apa nih?

    *nodong*

    BalasHapus
  2. betul, orang pelit temennya dikit
    jadi kalo yang ngerasa temennya dikit berarti di pelit, loh
    hehhe

    BalasHapus
  3. bahasa inggrisnya "ngemut linggis" apaan bow?

    BalasHapus
  4. gue banyak nemuin orang yang pelit sama dirinya sendiri. yaampuuuun sampe makan aja sayang2.. rasanya pengen gue sumbangin..

    BalasHapus
  5. Arif : mak acih :D . hahahah
    Fridigraph : hehe ... thx ya udah mau komen ^_^
    Presticilla : mak acihh
    Nonni : ahhahaha.. sumbangin aja deh itung2 sedekah :D

    BalasHapus
  6. Dari rimanya aja keliatan.. pelit dan dikit, ada it2nya gitu.. orang pelit pacarnya dikit #eh hahahah :P

    BalasHapus
  7. habis baca ini postingan rasanya kayak ada yang nancep -.-

    BalasHapus
  8. hadeuh,,ke cemes....gara2 mo beli BB mikir 100 kali...hihihi....
    ga ah,saya ga pelit,cuma irit pada diri sendiri. mirip mario??? ntar mirip sapa lagi >.<

    BalasHapus
  9. aku gak akan pelit bilang kamu mirip mario maurer. asal kamu bilang aku mirip Jessica Alba..
    wakkakakaa

    makanya jangan pelit, ntar ititnya dikit... #eh?

    BalasHapus
  10. berasa kesenggol.:p
    eh, enak banget sehari cuma 6 jam. huhu *ngiri*

    BalasHapus
  11. wakakaka,,, mantapp Bo...! hahaha

    BalasHapus
  12. Ishhhh kesel Banget sma tman ku yg plit satu ini.. N stu stunya jlan yaa maafffff kta ckup smpai disini.. Hahahaha kcuali lo ad niat mau ngilangin sfat plit lo itu........ !!!!!!!!

    BalasHapus