Categories

Artisku (1) catatanku (8) cerpen (1) puisi (6) tentang saya (1) tips (2)

Rabu, 21 September 2011

Gaul? Enggak Harus Jadi Orang Kaya!

"Bo, si Kevin keren banget deh."
"keren gimana?"
"noh! dia baru beli i pad baru, emang deh tuh anak gaul banget kemaren aje dia baru beli BB dakota. aku pengen banget deh kaya begono, maksudnye kaya si Kevin."
"(dalam hati) ya elah utang situ sepuluh rebu aje belum dibayar-bayar udah dua minggu lagi"




Haha, suka ngenes yah. kalau ada temen yang kepengennya tinggi, tapi enggak sesuai sama kenyataaan, bukan nya sirik atau apa, lah wong utangnya aja sama Kribo seabrek kagak dibayar-bayar. maksud hati sih dia pengen jadi gaul, tapi lama kelamaan jadi menyusahkan diri sendiri dan orang tua.

Enggak salah sih kalo kita mau jadi anak yang gaul. tapi harus dimengerti dulu, gaul itu seperti apa? biar gak salah kaprah, biar bermanfaat untuk diri sendiri, orang tua, dan orang lain, bukan malah sebaliknya.

Setahu Kribo sih dari bacaan yang Kribo baca, Gaul itu adalah hidup berteman atau bersahabat, itu mah kalo diartikan dari segi arti kata di kamus besar bahasa indonesia, kalo pengertian dari anak muda jaman sekarang mah gaul itu adalah mereka yang kece, fashionable, punya bb, pake behel, naik turun mobil, nongkrong ditempat yang keren dan mahal, pake pixie, punya laptop merek apple, ... ( stop! stop! stop! MSN Onion Emoticon).

Haha. emang ya kalo di jabanin satu persatu sampe hari raya kuda juga kagak kelar-kelar. Kribo mau ngejelasin secara garis besarnya aja kalo gitu. Nih secara garis besar pemahaman anak muda tentang gaul- menggaul ( eaaaaa Onion Icon).



Pemahaman "gaul" sebahagian anak muda Indonesia jaman sekarang :

1. Gadget harus komplit kayak Blackberry, i pad, kamera DSLR, laptop, harus ada !
"ya elah , metong dong kakak dek, Hp nokia kemaren aja masih kredit ama rentenir sebelah rumah. ( bukakakakka Onion Emoticons).

2. Pasang behel dong buatan USA, mahal gitu loh atas bawah 7,5 juta.
"lah kalo giginye kaya Omaswati sih kaga ape-ape, lah ini gigi kakak kan keren, kaya giginya Choi Siwon (Onion Icon) tapi ituh ngumpulin duit segitu cuma buat behel doang, sayang banget, tapi okelah kakak akan jual lobang dulu ama om ya. lobang ape ! lobang buat naruh tusuk gigi maksudnya" ( enggak nyambung deh dasar kucing Onion Emoticon Set).

3. Pakaian harus yang bermerek dong, seenggaknya harga kaos yang dua ratus lima puluh rebu !
" hmm ... ntar deh aku beli yang kawe aja ,, murah lagi cuma lima puluh rebu tapi sekali dicuci kainnya robek" (Onion Icons).

4. Tongkrongan harus ditempat yang mahal dong, makanannya juga harus yang mahal-mahal.
" perasaan kemaren makan mie rebus masih ada utang ama ibu kantin dua rebu" (Onion Icons).

5. Penampilan harus modis lah.
" kalo yang ini boleh lah. tampil modis kan kan gak perlu harus mahal lah, murah juga bisa lah, yang penting harus pinter-pinter menyesuaikan lah ( lah lah lah aku sayang sekali doraemon. #gaje MSN Onion Emoticon Set)

6. Kuliah atau sekolah di tempat yang mahal
"enggak jaminan tempat pendidikan yang mahal itu bakal bagus buat kamu, asalkan emang kemauannya belajar. Mau kuliah atau sekolah ditempat manapun asalkan niat mau belajar tetep aja jatohnya bakalan sukses.

7. Kendaraan harus yang oke punya. walau pun vespa tapi harganya harus lima puluh juta dong, antik-antik gimana gitchu.
"ya elah Nur, aku aje ke kampus naek angkot, malah kadang jalan kaki kalo akhir bulan". ( ngenes !!! MSN Onion Icons).

8. Punya pacar harus yang tajir ( biasanya nih untuk yang cewek)
"sekarang malah banyak cewek yang jadi simpenan om-om, enggak papa deh ngangkang tiap malem asalkan
di jajanin ini itu. huhh mak nyos".

9. Dugem dong tiap malam minggu, inex bro! mantap!!!
"sesekali dugem sih boleh. untuk sekadar kita tau dunia malam itu ternyata hanya kenikmatan sesaat yang cuma untuk ngambur-ngamburin duit, apalagi sampe narkoba-narkobaan. amit-amit cabang bei beh. jangan ya nak kalo udah kena narkoba sekali bakal susah keluarnya. dan akhirnya cuma mati enggak berguna".

10. Pede aja lagi .. hare gini masih malu-malu, gilak loh !
" pede yang kaya gimana dulu nih . kalo pede pake rok mini dikendaraan umum, enggak banget. pede merekok di areal yang jelas-jelas NO SMOKING AREA, bodoh banget. pede gandengan ama om-om tajir suami orang di Mall, pela banget luh".

 Itulah sebahagian pemahaman  anak muda jaman sekarang . Bukan semua anak muda yang Kribo maksud tapi sebahagian, itu pemahaman anak muda yang bodoh sih ya, bahwa gaul itu, lah yang seperti itu, mereka berasumsi bahwasannya gaul itu harus selalu mengikuti trend, padahal untuk mengikuti trend tersebut kita harus punya duit yang banyak, lah kalo kamu orang kaya ya sama sekali enggak masalah banget tapi kan tau sendiri yang kaya itu cuma sebahagian, kebanyakan masyrakat Indonesia mah menengah bahkan mungkin lebih banyak yg ekonominya dibawah, duitnye kebanyakaan dikorupsiin ama itu tuh para pemer*****.

Udah saatnya anak muda indonesia tuh berfikiran jernih, jangan selalu memikirkan apa kata orang, kalo kita mikirin apa kata orang tentang kita enggak bakal ada habisnya! sampe kiamat pun tetep aja ada orang yang enggak suka. makanya dari itu, jalaninlah hidup apa adanya. jangan kaya di sinetron Nikita Wolo yang enggak pernah abis aktingnya.contoh : ngejual diri hanya untuk bisa mengikutin trend yang jelas-jelas dia sendiri enggak mampu itu pun hanya untuk pamer sama temen-temen bahwa dia punya sesuatu dan supaya di bilang gaul. OMG!!! ( onta, monyet, gajah ) jangan sampai kaya begitu ya nak .

Nah sekarang mau tau enggak , kalo kate-kate anak gaul yang pinter nih ye.. kira-kira definisi gaul itu kaya begini nih, cek ki dot. jebrot brot brot ( bauk banget sih MSN Onion Emoticon).



Pemahaman gaul menurut sebahagian anak Indonesia yang pinter :

1. Intelek dalam berfikir
" maksudnya kita harus berfikir sesuai pemahan kita, harus cerdas enggak boleh ngikutin apa kata orang. pokoknya harus cerdas deh , aku juga kurang tau nih artinya apa, haha ( mati aje lu Kribo Onion Emoticon Set).

2. Kelakuan yang sopan dan baik
"emang harus sopan dong, kita kan disekolahin bagus-bagus, jangan baong kaya penjahat kriminal. kalau kita sopan dan baik sama orang, orang pun bakal begitu sama kita, dan sebaliknya"

3. Mandiri 
"nih , penting banget nih, selain kamu udah enggak menyusahkan orang tua lagi, kamu juga bakal dapat nilai plus, yah iya lah, masih muda udah bisa berusaha sendiri, cari duit sendiri, keren banget."

4. Bermanfaat untuk orang lain
"jika kamu udah bisa membanggakan orang tua. dengan kata lain kamu udah termaksud orang yang bermanfaat untuk orang lain, membanggakan orang tua itu enggak harus selalu mendapatkan beasiswa di sekolah, atau menjuarai olimpiade, atau juga memberikan harta yang berlimpah, enggak, enggak harus selalu seperti itu, dengan hanya kamu berbakti saja padanya, Kribo rasa mereka sudah bersyukur mempunyai anak seperti kamu"

5. Kesehatan tubuh
"anak gaul itu tubuh nya harus sehat, makan makanan yang bergizi, olah raga, enggak merokok, apalagi narkobaan, kesehatan itu mahal harganya, makanya harus dijaga, ntar kalo udah kena stroke baru rasain noh, naudzubilah yee"

6. Pemakaian bahasa yang pada tempatnya
"kalo sama teman sebaya ya kagak apa-apa lah pake bahasa "gaul" atau alay sekalian, tapi jangan pake itu dengan orang tua, guru atau orang yang jauh lebih tua dari pada kita, kesannya tuh enggak sopan kaya anak yang enggak kedidik"

7. Pandai menggunakan uang 
"pandai menggunakan uang itu bukan berarti harus pelit, anak gaul itu harus bisa mengatur pendapatan dan pengeluaran, mendahulukan membeli barang yang emang penting dari pada yang kurang penting"

8. Mempunyai banyak teman
"sudah pasti tentunya, terlebih dari itu yang paling penting sih bagaimana caranya menjaga pertemanan tersebut, intinya harus pandai menjaga diri, jadi kalau ada teman yang baong kita enggak mudah untuk ikut-ikutan"


Udah tau dong, gimana ya kira-kira anak gaul yang bener itu seperti apa ? INTINYA ! jangan lagi berpendapat bahwa gaul itu harus kaya, harus punya barang-barang mewah, dan lain sebagainya SALAH BESAR. ntar kalo begitu pengertian gaul, kasian dong yang kere ngerasa dirinya enggak gaul. dan yang kaya sah-sah aja kalo mau punya barang-barang mewah atau sebagainya , yang penting mah positif dan enggak menyusahkan orang tua, gitu aja kok repot.

hadehh cape juga yee, dari tadi ngebacot melulu. semoga bermanfaat deh buat kawan-kawan sekalian, yah kalo ada salah kata-kata tolong dimaafkan, Kribo buat kaya beginian bukannya karena ngerasa diri Kribo sempurna, bukan yee, jangan sampe dong berfikiran seperti itu, kucing juga tau kalo enggak ada manusia yang sempurna, ini mah cuma sharing doang, hehe makanya, kalo ada yang kurang tolong ditambahkan, dan kalau ada yang berlebihan tolong diberitahukan (eaaaaaa), silahkan berkomentar, Kribo pamit dulu yee, bye-bye (Onion Emoticons) .

11 komentar:

  1. waahhhhahhhaa....

    akhirnya.tau juga saya arti Gaul yg sesungguhnya...
    bagus banget ni artikelnya. banyak anak jaman sekarang yg salah kaprah tentang arti gaul...heehe

    BalasHapus
  2. hehe .. alhamdulilah yah kalo dibilang bagus .. terima kasih ikbal :D

    BalasHapus
  3. suka banget pas baca "Pemahaman gaul menurut sebahagian anak Indonesia yang pinter" kebawah.. i agree with u. :)

    BalasHapus
  4. setuju semuanya.. makin mateng yah nak itit..


    teruskanlah teruskanlah kaaaaaaaau kaaaaaaaaaau kaaaaaaau beeeeeeeeeegituuuuuuuuuu

    BalasHapus
  5. Setuju banget, jaman sekarang pengertian gaul titelen mentah-mentah tanpa disaring. standar gaul juga sekarang serba berduit. yang nggak berduit ya nggak gaul-__________-"

    BalasHapus
  6. Chilfia : terimakasih ya :D

    Azizah : emang gitu ,, karna persepsi yg begituan ,, banyak remaja yang latar ekonominya menengah ,, pada ngejual dirinya supaya cepet dapet uang banyak, biar bisa beli ini itu, dan biar bisa dikatain temen2nya gaul .. kalo udah begitu yang ngejual diri sama temen-temennya yang ngatain dia gaul, mereka sama-sama stupid. btw terimakasih :D

    BalasHapus
  7. eh om saman kelupaan ,, iyuaa mak acih yuaa,, cup cup muawww

    BalasHapus
  8. buset banyak bener yah :o

    yang jelas kalo mau jadi anak gaul beneran, ya semua peralatan yg dikate gaul, beli aje pake duit sendiri. males bgt ngeliat org sok gaul pdhl mah pake duit ortu atau ngutang ama temen. cuih.

    BalasHapus
  9. Mending standar aja lah, gaul enggak, cupu juga enggak.
    kalo ngikutin jaman, 3 bulan juga bakal bosen sama barangnya :p

    BalasHapus
  10. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

    BalasHapus